Seminar Perkembangan Teknologi Satelit LAPAN Indonesia, Hasil Kerjasama Pusteksat dengan FT UNJ

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN bekerja sama dengan Fakultas teknik (FT) Universitas Negeri jakarta (UNJ) menyelenggarakan sebuah kegiatan bertajuk Seminar Nasional ” Perkembangan Teknologi Satelit LAPAN Indonesia “. Kolaborasi dengan badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT UNJ ini merupakan bentuk dukungan Pusteksat untuk kegiatan tahunan UNJ yaitu Blue Festival. terdapat berbagai rangkaian kegiatan di dalamnya sejak bulan Oktober 2017. Beberapa perlombaan tingkat SMA hingga mahasiswa, serta pameran-pameran pun turut menyemarakkan jalannya Blue Festival 2017 ini. Sebagai puncak sekaligus penutup acara, maka diselenggarakanlah sebuah seminar yang terbuka secara gratis untuk mahasiwa maupun masyarakat umum.

 

Seminar yang dilakukan pada Selasa, 28 November 2017 ini bertempat di Aula Bung Hatta UNJ, dan diikuti oleh 150 peserta. Dua orang peneliti dan perekayasa Pusteksat, yakni Sonny Dwi Harsono, S.T., M.Eng., dan M. Arif Saifudin, S.T., M.Kom., menjadi pembicara dalam seminar kali ini. Materi yang disampaikan adalah “Pengenalan Lembaga dan Hasil Litbangyasa LAPAN”, dan “Pemanfaatan Teknologi Satelit Saat Ini dan di Masa Akan Datang”. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan ketua panitia, dan Dekan FT UNJ, sama ini dengan baik dan penuh apresiasi. Selain itu, Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat LAPAN, Iwan Faizal, S.T., juga menyampaikan antusiasnya atas kerja sama yang berhasil terjalin antara kedua instansi ini. Iwan menyampaikan bahwa Pusteksat juga kerap kali menerima mahasiswa bimbingan dari UNJ yang mengikuti program praktek kerja. Selain penerimaan praktek kerja dari siswa SMK maupun mahasiswa, Iwan juga menjelaskan layanan-layanan yang tersedia di Pusteksat meliputi layanan informasi, data, asistensi penelitian, hingga studi ekskursi.

 

Penyampaian materi diawali oleh Sonny, salah satu peneliti Pusteksat yang memperkenalkan lembaga serta bidang apa yang menjadi kewajiban LAPAN beserta satuan kerja (satker) di bawahnya, serta hasil litbangyasa yang berhasil dibuat dan dimanfaatkan. Dilanjutkan dengan pemaparan M. Arif Saifudin, atau yang akrab disapa Didin, salah satu perekayasa di Pusteksat yang menerangkan pemanfaatan teknologi satelit saat ini, dan bagaimana prediksi teknologi untuk masa yang akan datang. Didin sebagai Chief Engineer Satelit LAPAN-A4, juga menjelaskan roadmap LAPAN, bagaimana roadmap tersebut menjadi pedoman untuk LAPAN khususnya Pusteksat dalam menjalankan kegiatan litbangyasa teknologi satelit. Setelah pemaparan dari dua pembicara, kegiatan pun memasuki sesi diskusi. Antusias peserta cukup tinggi, dibuktikan banyaknya pertanyaan kritis yang disampaikan ketika sesi diskusi tanya jawab ini. Dalam seminar kali ini, pertanyaan para peserta dijawab satu persatu oleh para pembicara, dan juga peneliti Pusteksat Agus Herawan, M.Kom., yang juga turut hadir pada kesempatan tersebut. Agus menerangkan salah satu pertanyaan yang cukup menarik, dan dapat disebut sebagai salah satu poin dari kegiatan ini, yaitu mengapa LAPAN perlu melakukan tugas-tugasnya demi mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri. Rupanya, peserta tersebut cukup penasaran dengan slogan LAPAN, yakni “LAPAN Unggul Indonesia Maju, LAPAN Melayani Indonesia Mandiri”.

Kegiatan seminar ini berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya, dengan terjalinnya kerja sama, semoga kedepannya semakin menambah erat hubungan antara dua lembaga ini, yaitu UNJ dan LAPAN. Acara pun ditutup dengan pemberian cendera mata dan foto bersama.

 

source:
http://pusteksat.lapan.go.id/subblog/read/2017/278/Seminar-Perkembangan-Teknologi-Satelit-LAPAN-Indonesia-Hasil-Kerjasama-Pusteksat-dengan-FT-UNJ/berita